RSS

LARANGAN MENARIK HIBAH

22 Apr
  1. A.          MATAN HADIS

 

( 875 ) – وَعَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ : قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الْعَائِدُ فِي هِبَتِهِ كَالْكَلْبِ يَقِيءُ ثُمَّ يَعُودُ فِي قَيْئِهِ . مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ .

Artinya:

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a dia berkata, Rasul Saw bersabda: orang yang meminta kemabli hibahnya adalah laksan anjing yang muntah kemudian dia memakan kembali muntahnya. (H,R. Buhari Muslim)

 

  1. B.           HADIS YANG TERKAIT

الْعَائِدُ فِي هِبَتِهِ كَالْكَلْبِ يَقِيءُ ثُمَّ يَعُودُ فِي قَيْئِهِ

البخاري

الهبة وفضلها

2400

رقم

المصدر

كتاب

باب

الحديث

1

مسلم

الهبات

تحريم الرجوع في الصدقة الا الخ

3048

2

الترمذي

البيوع عن رسول الله

ما جاء في الرجوع في الهبة

1219

3

النسائ

الهبات

ذكر الاختلاف لخبر عبد الله

3633

4

سنن ابو داود

الاقضية

الرجوع في الهبة

3071

5

سنن ابن ماجه

الاحكام

الرجوع في الهبة

2376

6

مسند احمد

مسند المكثرين من الصحابة

بداية مسند عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَباس

1776

2400 – حَدَّثَنَا مسلم بن ابراهيم حَدَّثَنَا وهيب حَدَّثَنَا ابن طاوس عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ : قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الْعَائِدُ فِي هِبَتِهِ كَالْكَلْبِ يَقِيءُ ثُمَّ يَعُودُ فِي قَيْئِهِ

 

  1. RUTBAH PERAWI

 

رقم

الاسم

 

الرتبة

1

عبدالله بن عباس

1

من الصحابة ورتبتهم اسمى مراتب العدلة والتوثيق

2

طاوس

3

ثقة

3

ابن طاوس

3

ثقة

4

وهيب

2

ثقة ثبت

5

مسلم بن ابراهيم

2

ثقة مأمون

  1. RIWAYAT HIDUP PERAWI

الْعَائِدُ فِي هِبَتِهِ كَالْكَلْبِ يَقِيءُ ثُمَّ يَعُودُ فِي قَيْئِهِ (2400)

 

 

 

رقم

اسم

طبقة

كنية

نسب

تاريخ وفات

بلد وفاة

بلد اقامة

1

عبدالله بن عباس

صحابي

ابن عباس

الهاشمي القريشي

68  هـ

طائف

مرو الروذ

2

طاوس

الوسطى من التابعين

ابو عبد الرحمن

اليماني الجندي

106 هـ

مرو الروذ

مرو الروذ

3

ابن طاوس

لم تلقي الصحابة

ابومحمد

الهمداني الابناوي

132 هـ

اليمن

4

وهيب بن خالد

كبار الاتباع

ابو بكر

الباهلي

165 هـ

يصرة

5

مسلم بن ابراهيم

الصغرى من  الاتباع

ابو عمرو

الازدي الغراهيدي

 222هـ

يصرة

 

 

  1. HUKUM YANG DAPAT DIAMBIL

Hadis tersebut menurut jumhur ulama terkandung pengharamanl haram meminta kembali hibahnya tersebut. Pendapat jumhur sejalan dengan pendapatnya al-bukhari yang menetapkannya dalam kitabnya yaitu “tidak hala bagi seseorang yang meinta kembali hibah dan sedekahnya”.

Menurut ulama al-hadawiyah dan abu hanifah halal meminta kembali hibahnya kecuali kepada dawil arham. Alasan hadis tersebut hanya menunjukkan makruh. Sedangkan menurut thahawi, lafal al-kalbi dalam lafal tersebut tidak ada yang menunjukkan haram dengan alasan anjing tidak tahu hukum hala danharam, maka muntah itu tidak haram bagi dia (anjing. Jadi maksud tamsil itu mensucikan diri dari perbuatan yang menyerupai ajning. Wallahu a’lam.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 22, 2012 in Hadits

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: